Nasi Jagung dan Botok Yuyu Menjadi sajian makanan khas grobogan nikmat dan Lezat

Purwodadi yaitu salah satu kecamatan yg sekaligus pusat pemerintahan Kab Grobogan, Jawa Tengah. Kota  ini berada disebelah selatan Kab Pati & disebelah utara Sragen. Purwodadi merupakan  menjadi  pusat dari Kabupaten Grobogan maka dari itu tidak sedikit potensi makanan khas  unik & pantas perlu dicoba. Salah satunya yaitu menu masakan khas Purwodadi satu ini, Nasi Jagung & Botok Yuyu. 

 makanan botok yuyu dan nasi jagung

Kuliner khas Purwodadi ini  belum banyak yang mengetahui  para wisata dari luar kabupten Grobogan. Namun di kawasan grobogan  sendiri, kuiner ini jadi makanan kegemaran penduduk grobogan dari anak- anak sampai dewasa. Kuliner batok dibuat dari hasil pertanian berupa jagung & salah satu hewan sejenis kepiting yg hidup di air tawar. nama istilah  kepiting  menurut penduduk adalah YUYU yang kebanyakan menyebutnya”. 

Yuyu & jagung jadi bahan penting dalam menciptakan kuliner khas grobogan ini. Sekian Banyak warung makan yg ada di Purwodadi, kuliner ini  harganya amat sangat terjangkau bagi seluruh kalangan penduduk. Rasa yg disuguhkan dari kuliner ini benar-benar khas & pastinya menggoyang lidah penikmatnya. 

Cara pengolahan botok yuyu dan nasi jagung dari ke-2 bahan baku tersebut tergolong rumit & memakan agak lama. Step mula-mula, jagung putih yg sudah disiapkan mesti direndam air di tunggu selama 4 harian bersama penggantian air tiap-tiap harinya, biar tak berbau dan terasa asam atau kecut. Sesudah empat harian, jagung ditiriskan & dikeringkan, selanjutnya di haluskan atau dijadikan bubuk. Sesudah ditumbuk jadi bubuk jagung yg cukup halus, bubuk jagung siap buat di masak dgn cara dikukus (istilah jawanya Di-Dhang) dalam bahasa warga Purwodadi.Kala memasaknya lebih kurang 3 jam dgn proses & sarana memasak yg tradisional. Sesudah matang baru siap utk disajikan. 

proses pengolahan Yuyu jadi Botok Yuyu serta tergolong rumit. langkah awal, Yuyu mesti dibersihkan dari kotoran-kotoran yg menempel di badannya. Sesudah bersih, Yuyu digiling hingga halus & berair. Seterusnya salah satu olahan dari Yuyu yg telah ditumbuk ini merupakan Botok Yuyu sesudah dicampur dgn kelapa yg tingkat kemudaannya tertentu yg diparut & dicampur dgn rempah-rempah husus sbg bumbunya. Hasil penghalusan dari Yuyu tersebut serta akan dimanfaatkan utk menciptakanmenu masakan khas lain yg tak kalah enaknya. 

Warung-warung yg sediakan kuliner ini diantaranya merupakan warung makan Bu Harsiti yg ada di Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi RT 06 RW 01. Warung ini senantiasa penuh dengan para penikmat makanan  yg mau menikmati kelezatan nasi jagung bersama botok yuyu khas Purwodadi

buat tiap-tiap porsi sego jagung & botok Yuyu ini cuma di patok dgn harga 5000 Rupiah sehingga makanan BOTOK YUYU ini sangat terjangkau untuk kalangan umum,

0 Response to "Nasi Jagung dan Botok Yuyu Menjadi sajian makanan khas grobogan nikmat dan Lezat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel